5 CARA MENGAJARI ANAK MEMBACA, CEPAT DAN MENYENANGKAN

 

Gerakan Membaca – Cara mengajari anak membaca ialah salah satu urusan yang mesti menemukan perhatian dari orangtua. Meskipun kurikulum yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bila anak ketika duduk di bangku playgroup atau taman kanak-kanak tidak diizinkan untuk belajar CALISTUNG ( membaca, mencatat dan menghitung), pada prakteknya kita biasanya dipusingkan sebab masih tidak sedikit sekolah-sekolah dasar yang melulu menerima anak yang telah menguasai CALISTUNG bahkan diselenggarakan pula tes guna menguji keterampilan anak tersebut.

Cara Mengajari Anak Membaca Ada tidak sedikit orangtua yang mengupayakan supaya anak balitanya yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak untuk dapat membaca dengan fasih dengan sekian banyak alasan. Takut terbelakang dari anak yang lain, fobia tidak dapat diterima di sekolah favorit, fobia anak tidak dapat mengikuti latihan yang memang seolah didesain hanya dapat diikuti oleh anak yang sudah fasih membaca, dan sekian banyak jenis kekhawatirannya. Akhirnya apa yang terjadi, hari-hari si Balita mulai terisi dengan sekian banyak Kursus ekstra untuk memperlancar keterampilan membacanya.

Apakah urusan seperti tersebut salah? Ya, andai memang dipaksakan dan tidak melihat keterampilan tiap anak. Tapi dapat jadi tidak salah, asalkan dilaksanakan dengan mengandalkan kreatifitas. Misalnya proses belajar membaca dilaksanakan sembari bermain dan diciptakan menyenangkan. Cara-cara kreatif laksana ini mesti Mak lakukan supaya anak tidak merasa terbebani dengan “target” dapat membaca, tapi malah anak bakal merasa senang dan bahagia.

5 Cara Menyenangkan Mengajari Anak Membaca
Mengajarkan urusan yang baru untuk anak, memerlukan tingkat kesabaran tambahan baik untuk guru maupun orangtua. Ingat ya Mak, jangan ada bagian paksaan lagipula tekanan ketika mengajarkan anak membaca. Orangtua pun tidak dapat hanya memberikan sepenuhnya untuk sekolah, kebalikannya orangtua pun harus berperan aktif guna mengajari anak menyimak dirumah. Berikut ini terdapat 5 teknik yang dapat Mak kerjakan untuk mengajari anak menyimak dengan teknik yang menyenangkan.

Membaca Buku Cerita

Hampir masing-masing anak tentu menyukai menyimak buku, lagipula buku yang unik dengan sekian banyak gambar dan karikatur. Jadi, pilihkan kitab cerita bergambar. Pada mulanya, membaca dilaksanakan untuk menolong si kecil meningkatkan perbendaharaan kata nya, sampai-sampai nanti saat diluncurkan pada kata-kata, anak telah tidak asing lagi mendengarnya. Di fase selanjutnya saat keterampilan membaca anak telah mulai terasah, Mak dapat ajak anak untuk menyimak setiap kata yang tertulis dalam kitab ceritanya sambil mengisahkan keseluruhan kisah yang ada.

Menggunakan Media Kartu Baca

Kartu baca atau yang lebih dikenal dengan flash card ialah salah satu media yang dapat Mak pakai untuk mengajari anak dengan teknik yange mengasyikkan sambil bermain. Kartu baca bergambar ini seringkali sangat digemari anak-anak. Ada pelbagai jenis flash card, contohnya kartu yang berisikan nama-nama hewan, benda di dekat kita, buah, sayuran, angka, huruf,huruf hijaiyah dan beda sebagainya. Dengan memakai Flash card, Mak dapat mengenalkan masing-masing objek, angka dan huruf untuk anak. Tidak melulu mengenalkan objek atau benda, sekarang tersedia juga sekian banyak pilihan flash card yang memperkenalkan suku-suku kata, sampai-sampai secara langsung mengajai anak untuk dapat mahir membaca.

Membaca seraya bernyanyi

Mau memperkenalkan huruf-huruf untuk anak? teknik nya gampang sekali, bernyanyilah. Meskipun suaranya gak terlampau bagus, tersebut sama sekali bukan masalah Mak. Yang terpenting, anak paling suka bernyanyi. Jadi yuk sering-seringlah ajak si kecil berdendang lagu huruf/ huruf, tentu dalam masa-masa singkat anak telah mahir mengenali dan hafal masing-masing huruf.

Belajar Menggunakan Karpet Huruf

Ada sekian banyak pilihan media yang dapat Mak pakai untuk mengajari anak membaca, salah satunya memanfaatkan karpet huruf. Pilihlah karpet yang berdesainkan huruf-huruf, jadi ketika anak bermain diatasnya secara tidak langsung Mak juga dapat ajak anak guna mengenali dan menghafal masing-masing huruf yang terttulis diatasnya.

Membaca Via Gadget

Ini teknik yang dapat jadi paling mengasyikkan untuk anak, tapi mesti tetap diberi batas pemakaiannya. Gagdet mempunyai berbagia fitur unik yang dapat Mak manfaatkan sebagai media pembelajaran. Melalui gadget, Mak dapat mengunduh berbagai software pembelajaran di playstore, googKursustore atau bbm store. Jangan lupa guna selalu menemani si kecil saat memakai gadget dan batasi lama pemakaiannya ya. Terlalu lama memakai gadget, justru dapat memberikan akibat dampak negatif lainnya.

Jadi Mak, teknik mengajari anak menyimak tidak serumit yang dibayangkan. Sabar dan kreatif jadi kunci keberhasilan menciptakan anak pandai menyimak dengan tanpa paksaan bahkan paling menyenangkan. Selamat mengupayakan ya

Leave a Comment